Riverboarding – First Experience

Apa itu riverboarding? Kalo diartiin secara harfiah, river berarti sungai. Board berarti papan. Intinya maen papan di sungai. Gimana untuk ibu ibu yang nyuci di sungai pake papan gilesan? Apakah itu bisa disebut riverboarding juga? Yaaaa… bisa bisa aja lah, biar cepet. Riverboarding versi ibu ibu pkk. Hasil yang didapet dari riverboardingan versi ibu ibu, badan seger karena abis olahraga, plus baju bersih karena olahraganya ya nyuci.

Okeh, back to the main topic. Riverboarding disini itu adalah menyusuri sungai dengan menggunakan papan (boat) yang terbuat dari gabus. Apa bedanya ama rafting? Kalo rafting kan di atas kapal, kalo riverboard di bawah kapal, maksudnya langsung nyemplung ke aernya, ga pake kapal kapalan. Kita tengkurep di atas board, dan jalan ngikutin arus, kemanapun arus pergi. Kalo dilihat lihat, tantangannya gedean riverboard dibandingkan rafting. Kalo rafting kita cukup ngayuh dayung, dan udah ada orang yang ngarahin di belakang. Paling paling kalo ga seimbang ya nyemplung barengan. Kalo riverboarding, kita langsung turun ke air dengan bermodalkan board yang menopang badan, tangan dan kaki kudu gerak terus, sebagai kendali selama perjalanan, biar ga kejebak masuk ke gulungan arus. Bener bener kudu survive sendiri. That’s why I called it an Extreme Sport.

Berawal dari cerita temen gw yang doyan riverboarding. Dia ngeliatin foto foto dan video team riverboarding nya. Awalnya gw ngeri. Apa itu orang orang yang riverboardingan ga takut kebawa arus sampe kemana tau. Kebayang kalo gw hanyut, bisa hilang salah satu keajaiban di dunia ini. Hahaha. Kebeneran dia ngajakin, dan gratis pula (hahahahha lagi), langsung gw mau. Memang yah, segala yang namanya gratis di dunia ini emang indah, kek nama gw. Sempet ketunda seminggu, tapi berhasil terpenuhi di minggi berikutnya. Berangkatlah seorang Indah Rizkarina untuk mengarungi bahtera kehidupan, ehh, mengarungi sungai di Banjaran.

TKP jaraknya sekitar satu jam perjalanan dari kota Bandung. Nama sungainya lupa blas, malah cenderung ga tau. Cuma modal nangkring di atas motor, ikut kemana yang nunjukin jalan pergi. Pasrah mo dibawa kemana, udah mirip kambing mo di sembelih. Personel tripnya adalah gw sendiri yag dengan berhasil membujuk afri dan rafi yang lagi meriang meriang, mas dian, mas toni, mas praja, dan 3 orang temen mereka. Berangkatlah kita ke Banjaran.

TKP di Banjaran

Sesampainya di TKP, nyali gw sempet ciut. Sebenernya sungainya ga liar, lebih cenderung jinak malah. Tapi ga tau, tiba tiba nyali gw ciut duluan. Temen temen gw ngajakin gw langsung turun,ย  gw cuma ngejogrog di pinggiran sungai. Pengen ngeliatin mereka dulu. Afri plus rafi malah mojok berdua sambil foto foto. Satu persatu temen temen gw turun ke sungai. Begitu ngeliat mereka turun, muka pengn gw balik lagi, penasaran. Kok kayaknya mereka enak dan gampang banget yah nyusuri arus. Sekali lewat, dua kali lewat, akhirnya gw buat keputusan. Ganti baju sekarang juga. Bermodalkan pohon dan badan afri yang nutupin gw sewaktu ganti baju, karena ga ada ruangan khusus, ada juga rumah orang. Jadilah gw ready dengan kaos plus training yang ga ada tali ( yang nantinya bakal jadi kendala gw selama maen, karena celana gw mau melorot. Asem).

Numpang nampang sebelum kesiksa

Indah and the riverboard team (numpang nebeng)

Selesai ganti baju, gw mulai pake pengaman. Eitsss, jangan salah sangka, ini bukan kondom. Emang gw mo ngapain sampe pake kondom segala. Case closed. Pengaman kaki plus jaket pelampung yang gw buat seketat mungkin (ternyata sesek jadinya) dan helm. Mas dian yang dengan rela rido dan ikhlas ngajarin gw (wh, yang ini ga tau bener apa enggak nih. Gw sotoy doang! hohoho). Gw dibawa ke penampungan, ehh.. salah,ย  gw dibawa ke tempat yang arusnya ga gitu gede. Disana gw disuruh berendem dulu di aer, kayaknya dia tau kalo pas berangkat gw belom mandi, jadi gw disuru berendem. Hahaha. Ok, bukan itu alesannya, w disuruh berendem biar badan gw gak kaget dengan lingkungan air nantinya. Abis itu gw dikenalin cara pake sepatu katak (asli, sakit dan ga enak banget dipake jalan kalo pake sepatu ini!), cara bersahabat dengan board,karena nantinya board lah yang jadi kendaraan utama gw. Selama dia ngajarin, gw cuma iya iya doang, padahal ngerti juga enggak, yang penting gw cepet cepet pengen tengkurep di board. Selesai dia ngejelasin, gw langsung terjun ke aer bersama board gw. Dan ternyata sodara sodarah, susah sekali untuk mengendalikan sebuah board. Gw baru percaya slogan rokok yang bunyinya : “Ga semua yang lo liat itu bener”. Gw ngeliat mereka make board kayaknya gampaaanggg banget, tapi ternyata susah. Ga tau emang susah di awal, ato emang gw yang oon ga bisa bisa, ato karena badan gw yang keberatan sehingga nyusahin gw buat ngontrol si board. Gw sih lebih percaya ama opsi ke tiga. :D.

berendem di sungai

Pasrah. Can not handle the boat easily

Beberapa kali nyoba, akhirnya dengan susah payah gw bisa juga ngendaliin board, tapi ga sepenuhnya. Masih miring miring. Apa daya, badan tidak mendukung. ๐Ÿ˜ฆ Setelah bisa ngendaliin board, gw langsung minta turun. Nyobain jalur yang ada. Mas dian setuju, tapi gw kudu dikawal depan belakang. Udah kayak presiden aja pake acara dikawal. Akhirnya gw pun turun. Mas Praja di posisi pertama, gw di posisi ke dua, dan mas dian di posisi belakang.

Indah in Action

Di awal awal perjalanan, gw masih bisa ngendaliin, tapi begitu arus sedikit berbelok dan terjal, di depan gw liat ada puseran dan batu, gw berusaha nge hindar tapi apa daya tak terhindar. Gw nabrak batu dan nyangkut di batu. Ga bisa bergerak sama sekali. Gw berusaha ngelepasin diri dari batu, dengan sedikit ngegoyang goyangin badan gw semampu gw. Akhirnya lepas juga. Mas dian udah nunggu gw di depan, nangkep gw. Lepas dari batu, gw nyangkut di boardnya mas dian, dan untung gw selamet. Di situ gw dikasi arahan dikit biar bisa lepas dari situ. Board yang tadi hanyut dibalik ke gw lagi, dan gw ngelanjutin perjalanan sampe titik akhir sambil dibantuin mas dian, dan perjalanan pertama gw selamaaaaaatttttt sampe tujuan. ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Belum kapok disitu, gw nyobain lagi untuk kedua kalinya. Dengan keyakinan yang ga yakin, gw nekat nyoba lagi. Perjalanan kedua ini gw agak bisa ngendaliin board, dan berhasil lolos di rintangan awal sungai. Tapi begitu ngehadepin gundukan air di depan gw, gw kebalik, dengan posisi masih mempertahankan board biar stay di tangan gw. Badan gw gelundung gelundungan ngikutin arus. Nah yang kedua ini rasa sakit baru kerasa. Badan gw kepentok batu dimana mana. Itu harus di ignore, gw kudu tetep stay fokus biar gw bisa balik lagi ke board. Tapi buat ngegerakin badan biar bisa naik ke board susaaahh banget. Gw ga bisa naek ke atas board, dan untuk kedua kalinya gw pasrah. Panik, pasrah, rela dan laen laen. Air banyak banget yang keminum. Mas dian dari belakang nolongin gw, dan yang kedua ini kayaknya susaaah banget buat berdiri. Pengen berdiri tapi ga bisa. Mana celana gw rese pengen melorot lagi. Dengan sekuat tenaga gw berusaha biar bisa duduk. Itu posisinya di tengah tengah sungai yang arusnya masih kenceng. Biar bisa balik ke pinggir, mas Toni make tali buat nolongin gw. Gw ditarik pake tali. Sebenernya gw cukup tiduran, sambi dua tangan megangin tali. Tapi sekali lagi, karena celana gw yang rese minta melorot, gw ga bisa fokus megangin tali. Satu tangan megangin celana yang mau melorot. For your information, mas Toni narik gw kuat banget. Gw udah kaya kayuย  yang ditarik di sungai. Ga liat apa apa, padahal batu berserakan dimana mana. Alhasil badan gw dengan sukses membentur batu di segala tempat. Yang terakhir ini rasanya sakiiiit banget. Udah kepala gw kebanyakan di dalem aer, jadilah itu aer aer masuk dengan sukses via idung mulut dan kuping. Sesampainya di pinggir, satu yang gw rasain, lemes.

yang lagi ngebersihin daki. lol

Gw istirahat di pinggiran, bareng afri dan rafi, yang ternyata selama gw hanyut di dalem aer, mereka dengan riang dan gembira ngegosokin daki di kaki kaki mereka. Sungguh tidak sopan. Disaat salah satu temannya menerjang maut, teman yang lain malah mikirin daki di kaki. Miris. hahahaha. Afri bilang kalo selama di air tadi, gw bener bener ngegelundung, dan dia cerita sambil ketawa. Tidak tahukah dia itu adalah penderitaan gw.

So far, gw gak kapok dengan apa yang gw alamin. Malah gw pengen coba lagi besok besok kalo diajakin mas dian lagi. Hehehe. It was fun. See you in the next journey.

10 responses to “Riverboarding – First Experience

  1. Wah Sering gw waktu jaman kecil dulu, tp namanya bukan Riverboard tp “Berhanyut” , tanpa Board Murni berenang TT__TT

  2. Bu mau nanya…pas ke Banjaran boncengan ma sapa? qiiqiqiqiiq

  3. boncengan ama mas toniiiii…
    hohohohoh

  4. salam kenal Indah.
    aku juga baru nyobain Riverboarding. Sempet mengarungi S. Cikapundung, Bandung.
    Seru yah. Kapan Riverboard lagi?

    • salam kenal juga.. ๐Ÿ™‚
      makasih udah maen ke blog semrawut ini.. ๐Ÿ™‚

      wuih, cikapundung kan ngeri.. mantap lah..
      aku ceritanya nebeng temen yang suka maen, jadi ya nungguin mereka..hehehe…
      sering maen ya..??

  5. duh yang curhat. bnrn neh pngn ikut lg?

  6. Mantep dah….eh….btw foto paling atas kenal kayanya tuh…he..:D

  7. tanggal 10 – 03 – 12 ikut aja ke tasik klo mau…..

Leave a comment