Finally, gw lulus!!

Perjuangan gw selama 4 tahun 14 hari di kampus IT Telkom akhirnya  bisa berakhir juga. tanggal 14 september 2009 gw dapet jadwal sidang, dengan masa pengerjaan TA selama 3 bulanan, gw bisa lulus dengan nilai yang ga pernah gw kira sebelumnya. Untuk ini gw mesti berterimakasih sangat ke dosen dosen penguji gw.

Sebenernya uda ampir cemas gw waktu itu. Ijin dari pembimbing belom dapet, analisa masih ada yang kurang, sarat sarat daftar belom disiapin, telat daftar sarmud gara gara maen mulu ke dago, dan lain lain yang buat gw ga tega buat nyebutinnya. Berhubung semua temen temen gw uda pada daftar, berarti gw harus daftar juga. Gw ga mau lulus ketinggalan. Kalo bareng bareng jadi mahasiswea abadi sih gapapa, lah sendirian, bisa nangis-ga-pake-berenti tiap malem gw. Semua temen temen gw rata rata ngambil jadwal sidang di awal awal minggu, karena mereka daftar pertama. Karena gw buncitan, jadi deh gw kena terakhir terakhir. Dan waktu itu masih masuk bulan puasa, dan minggu minggu terakhir sidang tuh udah masuk waktu liburnya mahasiswa dan dosen. Cuma karna yang kmko sidangnya banyak, jadi waktu ditambah dikit. Anak anak lab banyak daftar minggu minggu pertama. Tinggal nyisa gw, mas daru dan ira. We were the last savior of CNC. Hehehhe

Alhamdulillah, yang gw rasain mulai dari daftar sidang ampe sidang, gw dapet kemudahan dalam prosesnya. Mulai dari daftar ke jurusan, dan accepted di last time. Ruangan sidang yang pengen milih sendiri. Sebenernya gw dapet di ruang sidang B. Tapi gw rada rada parno ama yang namanya ruang sidang. Seminar TA1 sempet ngerasain disana, dan hasilnya nihil. Ancur banget gw, Loss control. Ga bisa mikir gara gara kebanyakan groginya. Akhirnya gw mutusin buat sidang di ruangan biasa tempat gw ngerjain TA. Ya… Lab common E-204. Tempat gw tidur, jungkir balik, guling gulingan, nyiksa brama, nyiksa popo, maenan ama ira dida agung brama, ampe nginep bermalem disono walopun di regulasi-tak-tertulis di STT, ga diperbolehin ada cewek nginep di leb. Bodo amat. Nyang penting niat gw lurus, ga kayak bodi gw yang ga lurus.

suasana ruang sidang

Kemudahan yang gw dapet ga cuman sampe disitu. Di tahap nyari dosen penguji pun gw ga pake kelabakan. Nyantai banget. Jurusan ngerekomendasiin LVY, RND, dan AGD buat jadi dosen penguji gw. Mereka itu dosen pemeriksa proposal gw. Dari ketiga itu cuma AGD yang nyanggupin walopun ujung ujungna diganti ama orang laen juga. Dua lagi gw nyari dengan santai. Satu dosen gw dapet dari rekomendasi temen. Pak Martias namanya, dosen lantai 3 ged E yang baeeeekkk banget. Abis sidang malah gw jadi deket ama ni bapak. Berkah tak ternilai. Dosen ini juga yang ngasih gw bimbingan sebelum sidang, soalnya gw ga sempet ngadain pra sidang. Nah yang terakhir, gw udah nunjuk satu nama dosen buat jadi penguji gw. Kebeneran gw kenal ama dia. Sebuah insiden yang ‘lumayan’ yang memperkenalkan gw ama dia. AGV jadi target gw. Hehehhehehe. Se – STT ga ada yang ga tau dan ga sebel ama ni dosen. Kata orang sih dia moody-an. Doyan ngebentak sana sini. Tapi karena gw blom pernah diajar dia, jadi mindset gw masih clear tentang dia. Ya mindset gw sempet berubah sedikit gara gara insiden itu. Tapi ujung2nya jadi bersih lagi. Hehehhe. Berkat insiden itu, jadinya gw sering ngobrol ngalor nngidul ama ni dosen, dan kenal deh. Waktu minta jadi penguji pun kronologisnya ga sengaja. Abis muter muter gwd E nyari dosen yang ga ada hasilnya, gw balik ke lab b uat ngaso gara gara kecapean. Trus iseng iseng buka FB, eh si bapak dosennya lagi onlen. Yaudin, gw sapa dan ajakin ngobrol. Ujung ujungnya malah curhat sambil misuh dikit gara2 ga dapet dosen. Eh…ujug2 dia nawarin diri.

“Udah sini, sama saya aja, itupun kalo kamu mau”, tawar si pak dosen

Dengan muka sumringah-ga-ketulungan gw bales tu cetingan , “ehh.. bener nih pak?? Saya sih mau mau aja”

“Yaudah atuh sini ke ruangan saya, mumpung saya nganggur”

Ga pake ba-bi-bu, gw ambil seperangkat alat solat, eehh… sepatu gw maksudnya, dan ngacir ke ruangan pak AGV yang jaraknya deket banget ama ruangan lab gw. Set…set…set… dia acc lah paper gw. Gw cuma bisa cengar cengir aja. Oiya, kebeneran si bapak udah tau duluan tentang TA gw sebelumnya karena gw suka curhat ama dia, minta bimbingan, walopun dia bukan pembimbing gw. At least dia tau general alur TA gw. Makanya itu yang buat gw tenang. Gw sempet ngajak becanda dikit.

“pak, ntar pas sidang jangan nanya yang aneh aneh ya. Hehehhe”, kata gw dengan muka sok-polos-lugu-tapi-ga lugu.

“mmm… terserah saya dong mau nanya apa. Tapi pertanyaan biasa kan udah sering saya tanyain ke kamu pas konsultasi, jadi ntar pas sidang yang agak agak beda lah ya”, jawab ni dosen dengan muka penuh kemenangan walopun sebenernya gw ga merasa dikalahkan. hahhahaha

Tanggal 14 September 2009 jam 11.00 am, gw menjalani sidang dengan aman tentram sentosa plus sedikit shock terapi. Tapi alhamdulillah bisa gw atasin. Sebenernya sebelum sidang gw bener bener ga ngerasa apa apa. Ga takut dan deg degan sama sekali. Muungkin saking pasrahnya, jadi uda ga ngerasa apa apa. Malah beberapa menit sebelum sidang, gw malah ngadain sesi fotot foto ama si brama, ira, dan mas daru. Numpang pamer dikit poto potonya deh.

terlihatkah kesumringahan gw disana


si apud dan ira sebelum penyiksaan. Bner2 ga kliatan menderita

sister and  little brader

Bersenang senang dahulu menderita kemudian

Dan setelah itu gw diumumin lulus dengan nilai A, nilai yang ga pernah gw bayangin. Nilai yang ngebawa gw keluar dari jurang-kesusahan-nyari-kerja, karna kalo TA gw B, gw cuma dapet 3.00, dan biasanya kalo nyari kerja itu saratnya IPK kudu > 3, ga pake sama dengan. Nah, karna gw dapet A, jadi IPK gw 3.05. Tipis tipis dikit lah ama 3.5, cuma beda 0 kok. Apa artinya 0 itu. Kalo dalem matematika, 0 itu dianggap tak ada, ga ada pengaruh, kecuali untuk materi himpunan. Jadi kesimpulannya 3.05 = 3.5. Keren kan gw. Dengan masih meninggalkan nilai D untuk mata kuliah Pemrograman, gw bisa dapet IPK 3.5. Betapa hebatnya gw. Huhuhuh. Eh iya, abis pengumuman, gw langsung nangis, karena bener bener terharu dengan nilai A. Gw uda ngira dapet B, soalnya kacrut banget gw ama TA gw. Makanya begitu dapet nilai A, air mata ini sudah tidak dapat dibendung lagi. Layaknya situ gintung yang jebol seketika, air mata gw juga jebol seketika, tapi pas semua dosen uda pada pulang, tepatnya pas banget sepeninggalan pak AGV. Hehhee. Abis itu gw langsung sungkeman ama pak AGV dan pak Martias. Thank for all pak. I’ll never forget it.

2 responses to “Finally, gw lulus!!

  1. Assalamualaikum,
    Weiits… searching di google image tentang “empati anak ke ibu” koq munculnya blog ini? hehehe…. yasudlah… jadi bisa kenalan nih ama alumni IT telkom bernilai TA- “A”. salam sukses 🙂
    Wassalam.

Leave a comment